Keajaiban Tuhan

Di hadapan nenek moyang mereka dilakukan-Nya keajaiban-keajaiban, di tanah Mesir, di padang Zoan. (Maz 78:12)

Saya percaya bila setiap orang ditanya apakah pernah melihat keajaiban Tuhan, semua pasti menjawab pernah melihatnya. Sebab seluruh alam semesta ini berada dalam kendali Allah. Semua yang bergerak dan bernafas, Dia ciptakan sesuai kehendak-Nya dan semua itu membuktikan bahwa Allah penuh dengan keajaiban. Bahkan Allah sanggup menunjukkan hal-hal ajaib kepada manusia kapan saja sesuai kehendak-Nya.

Mazmur 78 banyak menceritakan keajaiban Tuhan kepada umat pilihan-Nya, bangsa Israel. Keajaiban yang Allah buat mampu menembus alam semesta. Laut Merah dibelah-Nya, sehingga mereka dapat berjalan di tanah kering. Mereka juga dituntun oleh tiang awan dan tiang api sehingga terlindung dari terik matahari di siang hari dan pada malam hari diberikan terang. Saat mereka haus dibelah-Nya gunung, saat mereka lapar diberikan-Nya manna yang turun dari langit. Masih banyak lagi keajaiban yang Allah lakukan bagi bangsa Israel.

Semua hal ini menunjukkan kepada kita bahwa Allah berkuasa atas seluruh alam semesta. Bangsa Israel menjadi umat pilihan Tuhan dan Tuhan menunjukkan hal-hal yang dahsyat kepada mereka. Sebagai Israel rohani kita pun memiliki janji yang sama: Allah mau melakukan keajaiban-Nya bagi kita. Hal-hal ajaib yang Allah lakukan dalam hidup kita memberikan kita pengetahuan yang bermuara pada pengakuan bahwa Allah pemilik hidup kita. Sebagai pemilik hidup kita, Allah mampu bekerja melebihi apa yang kita harapkan, pikirkan atau rencanakan, sesuai kedaulatan Allah.

Saudaraku, keajaiban yang Allah lakukan bagi bangsa Israel dengan maksud supaya bangsa ini percaya kepada Allah, percaya juga bahwa Musa dan Harun adalah utusan Allah, serta percaya bahwa Allah hidup dan dan sanggup menjaga hidup mereka. Ada tujuan dari setiap keajaiban yang Tuhan buat, khususnya kepada mereka yang menerima keajaiban-Nya. Jadi, mari kita percaya kepada Tuhan dengan kesungguhan iman. Sebab Allah pasti akan menunjukkan hal-hal yang heran dan ajaib kepada kita. Bersama dengan Tuhan kita bisa lakukan perkara-perkara yang besar. Nikmati keajaiban Tuhan hari ini. Tuhan ada dan pasti menolong kita. (ma)

DOA : “Tuhan Yesus, karuniakanlah iman yang teguh supaya saya percaya atas semua keajaiban yang Engkau lakukan. Amin.”

Must Read