Ora et Labora

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. (Kol 3:17)

Ora et labora, adalah sebuah prinsip hidup Kristen yang berasal dari bahasa Latin dan bermakna: berdoa dan bekerja. Bila kita perhatikan dengan seksama nats hari ini, maka kita akan menjumpai prinsip ini. Bagi yang belum menemukannya izinkan saya menjelaskannya agar bersama kita dapat memahaminya.

Sekarang perhatikan nats hari ini. Paulus nasehatkan bahwa segala sesuatu yang hendak kita lakukan dengan perkataan, lakukanlah itu dalam nama Tuhan Yesus. Bukankah perkataan yang dialaskan dalam nama Tuhan Yesus adalah doa, yang dalam bahasa Latinnya adalah “ora”. Selanjutnya Paulus juga menasehatkan bahwa segala sesuatu yang hendak kita lakukan dengan perbuatan, lakukanlah dalam nama Tuhan Yesus. Ini jelas berbicara soal apa yang hendak kita kerjakan, yang dalam bahasa Latinnya adalah “labora”.

Ora et labora dalam nats hari ini tidak ada kaitannya dengan apa yang hendak kita capai atau apa yang kita inginkan berhasil di hidup kita. Ora et labora dalam nats kita hari ini adalah tentang bagaimana cara kita menjalani hidup setiap harinya di dalam Tuhan. Tuhan ingin setiap ucapan yang keluar dari mulut kita itu baik. Bukan ucapan kotor atau kutuk sehingga merupakan doa atau pujian kepada Tuhan. Demikian pula dengan perbuatan kita, Tuhan pun ingin semua perbuatan kita menjadi kesaksian bagi banyak orang dan memuliakan Dia. Bukan perbuatan jahat atau dosa.

Jangan pula lupa, sertai setiap perkataan dan tindakan yang kita lakukan dalam nama Yesus dengan mengucap syukur. Dengan mengucap syukur kita menjadi pribadi yang menyadari bahwa semua yang baik dari hidup kita, entah itu ucapan atau tindakan kita; adalah semata karena pertolongan Tuhan. Memang benar kita yang mengupayakan kebaikan itu, tetapi tanpa pertolongan Roh Tuhan belum tentu sebuah upaya baik mewujudkan kebaikan pula. Rasul Paulus sendiri pernah berkata: “Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik.” (Roma 7:18). Ora et Labora! (tw)

DOA : “Di dalam nama Tuhan Yesus, sebagai orang yang telah dibenarkan, aku ingin setiap ucapan dan tindakanku baik. Sebab itu tuntunlah aku, ya Tuhan. Amin.”

Must Read