HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanKita adalah Terang Dunia

Kita adalah Terang Dunia

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. (Mat 5:14)

Lilin adalah salah satu alat penerang yang banyak dicari orang ketika listrik padam. Terang dari nyala lilin akan berguna jika diletakkan di tempat yang tinggi. Sebab dengan demikian kegelapan yang ada di sekitarnya akan sirna. Kalau kita berjalan ditemani terang, maka kaki kita tidak akan tersandung dan jatuh.

Yesus adalah terang dunia. Sebagai terang Ia telah datang untuk mengusir kegelapan dari hidup manusia akibat dosa. Dosa telah membuat manusia sengsara dan hidup menuju kepada kebinasaan. Tetapi keselamatan yang ditawarkan Kristus Yesus bagaikan cahaya pengharapan bagi manusia. Sementara kita yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat, kita telah diselamatkan dari penghukuman akibat dosa. Kita telah menerima Sang Terang Dunia itu. Itu sebabnya kita pun adalah terang dunia.

Sebagai terang dunia panggilan kita adalah bercahaya bagi dunia. Di dalam bahasa yang lebih sederhana panggilan kita adalah menjadi berkat bagi dunia ini. Untuk itu kehadiran kita, perbuatan kita, perkataan kita, ketaatan kita, dan semua aspek di hidup kita hendaknya menjadi representasi dari Kristus Yesus. Jika kita meneladani Yesus, maka secara otomatis kita akan menjadi cahaya bagi mereka yang hidupnya masih gelap. Jadi tidak perlu bersusah payah untuk menjadi teladan bagi dunia ini. Teladanilah Yesus, maka kita pasti menjadi cahaya bagi dunia yang gelap ini.

Seperti lilin yang padam tidak berguna, demikian juga kita tidak ada lagi gunanya bila terang Kristus dalam kita hilang. Kita dapat kehilangan terang Tuhan, jika kita hidup menuruti keinginan daging. Jika kita hidup menuruti hawa nafsu dunia ini, maka kita bukan cuma tidak dapat lagi menerangi kegelapan dunia, tetapi sejatinya kita telah menjadi gelap seperti dunia ini. Kita adalah terang dunia, jangan biarkan terang itu padam. Kita adalah terang dunia, biarlah cahaya terang itu semakin terang oleh ketaatan kita kepada Kristus Tuhan. Kita adalah terang dunia, kita adalah suluh bagi mereka yang tersesat. Kita adalah terang dunia, oleh terang kita dosa disingkapkan dan dunia bertobat serta diselamatkan. (tw)

DOA : “Tuhan Yesus, aku adalah terang dunia. Aku mau hidup meneladani Engkau agar aku dapat menjadi terang bagi sekitarku. Amin.”

Must Read