HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanKetaatan Mendatangkan Berkat

Ketaatan Mendatangkan Berkat

Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu mengasihi TUHAN, Allahmu, dan beribadah kepada-Nya … (Ul 11:13)

Teks di atas merupakan syarat untuk menerima janji Tuhan yang dinyatakan kepada bangsa Israel, saat berada dalam perjalanan di padang gurun menuju ke tanah Kanaan, tanah kediaman yang dijanjikan oleh Allah kepada mereka. Janji berkat Tuhan akan diterima sebagai hasil dari ketaatan terhadap firman Tuhan, sebagaimana tertulis dalam ayat berikutnya: “Maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu, dan Dia akan member rumput di padangmu untuk hewanmu, sehingga engkau dapat makan dan menjadi kenyang.” (Ulangan 11:14-15).

Kita tentu ingat kepada Kaleb, salah seorang yang diutus oleh Musa untuk mengintai tanah Kanaan bersama Yosua dan kawan-kawan. Keduanya percaya bahwa Allah sanggup untuk memberikan tanah itu kepada bangsa Israel, berbeda dengan pendapat dari sepuluh pengintai lainnya. Ketika Kaleb sudah berusia 85 tahun, ia masih kuat dan mengalami pemeliharaan Allah yang indah dalam hidupnya. Ia berkata: “Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.”

Janji pemeliharaan Tuhan juga bagi kita yang hidup di akhir zaman ini, yaitu bagi mereka yang tetap mengikut Tuhan dengan sepenuh hati seperti Kaleb bin Yefune (Yosua 14:14). Tuhan Yesus berkata, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Matius 6:33). Karena itu tetaplah taat kepada perintah Tuhan dan firman-Nya yang tidak berubah itu. Janji pemeliharaan Allah juga menjadi milik kita, sampai kita tiba di tanah Kanaan sorgawi, yaitu sorga yang kekal. Haleluya. (phm)

DOA : “Tuhan, tolongku untuk mentaati firman-Mu dalam hidupku. Aku percaya pemeliharaan-Mu tersedia bagiku hingga aku masuk ke dalam sorga mulia. Amin.”

Must Read