HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanKe mana Mata Tuhan Tertuju?

Ke mana Mata Tuhan Tertuju?

Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya. (Mzm 33:18)

Pemazmur menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan tentang ke mana mata Tuhan tertuju, yaitu kepada mereka yang takut akan Dia dan yang berharap akan kasih setianya. Sebutan “mata TUHAN” atau mata Allah mengacu kepada kasih Allah yang memperhatikan dan pengawasan yang memelihara kehidupan kita. Pada ayat berikutnya dijelaskan tentang pentingnya “mata Allah” ini, yaitu untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan. Ini berarti bahwa selama kita takut akan Tuhan, berharap kepada-Nya, menantikan Dia dan tinggal di dalam kehendak-Nya, Allah akan mengawasi dan melindungi kita supaya kita tidak akan mati karena kelaparan terkecuali menurut rencana-Nya.

Dalam salinan Amplified Bible, ayat tersebut berbunyi, “Lihatlah mata Tuhan tertuju kepada orang-orang yang takut akan Dia, dan menyembahnya dengan rasa hormat dan ketaatan yang diilhami oleh sebuah kekaguman.” Jadi ayat ini mendorong dan mengajar kita untuk menyembah Allah dengan rasa hormat dan kekaguman akan kebesaran dan kedahsyatan-Nya yang luar biasa, agar hidup kita senantiasa mendapatkan perhatian dari Allah. Betapa untungnya hidup ini jika kita mendapatkan perhatian dan penyertaan Tuhan.

Menghadapi keadaan yang berat dan tidak menentu akhir-akhir ini akibat pandemi virus Covid-19, kita tidak dapat berharap untuk meminta bantuan kepada manusia karena seringkali harapan kita menjadi sia-sia. Kesanggupan manusia terbatas untuk menolong kita, bahkan alih-alih dari mendapatkan pertolongan malah mendapatkan kerugian atau kekecewaan. Oleh karena itu, datanglah dengan takut akan Dia dan menyembahnya yang disertai rasa hormat dan ketaatan karena kita kagum kepada-Nya.

Allah mau hadir dalam hidup kita dan dalam penyembahan kita kepada-Nya. Karena itu kita tidak boleh kuatir dengan keadaan yang terjadi di sekitar kita. Jangan meragukan kasih dan kuasa-Nya untuk menolong kita. Burung di udara Tuhan pelihara dan bunga di padang dihiasi dengan indahnya, terlebih lagi mereka yang takut akan Dia dan berharap akan kasih setia-Nya. (phm)

DOA : “Terpujilah Tuhan karena mata-Mu tertuju kepada mereka yang takut akan Engkau dan berharap akan kasih setia-Mu. Aku kagum akan kebesaran-Mu. Amin.”

Must Read