Upah Seorang Pelayan

Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri. (1 Kor 3:8)

Upah berkaitan dengan pekerjaan atau jasa yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain, yang besarnya berdasarkan kesepakatan bersama. Orang yang bekerja patut mendapat upahnya, demikian ketentuan dalam 1 Timotius 5:18b. Sebagai seorang pelayan atau hamba Tuhan, apakah mereka juga berhak untuk mendapat upah? Sudah tentu, dan mereka akan mendapat upah dari tuan mereka yaitu Tuhan sendiri.

Walaupun demikian, ada juga pelayan Tuhan atau Hamba Tuhan yang mendapat upahnya dari organisasi gereja atau denominasi gereja di mana mereka melayani. Hal itu tergantung kepada sistim yang dianut dan sebagaimana diatur dalam tata gereja atau anggaran rumah tangga organisasi gereja masing-masing.

Dalam perikop teks di atas, rasul Paulus sedang berbicara kepada jemaat di Korintus tentang adanya perselisihan yang timbul dalam jemaat karena adanya dualisme dalam kepemimpinan jemaat. Yang satu mengatakan mereka adalah golongan Paulus, sedang yang lain berkata bahwa mereka adalah golongan Apolos. Keduanya sangat berperan dalam mendirikan dan membangun jemaat Tuhan di sana. Jemaat banyak yang memuji peranan dari pemimpin mereka masing-masing. Hal itu diketahui oleh Paulus. Ia pun menjelaskan tentang peranan dirinya maupun Apolos sebagai seorang pelayan Tuhan yang akan mendapat upahnya masing-masing, sehingga tidak perlu diperdebatkan siapa yang lebih penting atau lebih berguna bagi mereka.

Dalam gereja saat ini pun kita dapat menemukan adanya kasus serupa, terutama dalam gereja-gereja lokal di mana ada beberapa orang penatua atau pendeta. Seringkali ada anggota jemaat yang lebih menyukai seorang penatua atau pendeta tertentu karena preferensinya sendiri, barangkali karena kepintarannya dalam berkhotbah, kerajinannya dalam perlawatan, keterampilannya bermain musik, dsb. Bila dalam jemaat kita terjadi hal yang demikian, janganlah saling mengagungkan, tapi ingatlah bahwa dalam keadilan-Nya Tuhan akan memberikan upah bagi setiap pelayan yang taat dan setia kepada tuan-Nya. Kiranya setiap jemaat Tuhan menyadari akan hal ini. (phm)

DOA: “Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengingatkanku bahwa Engkau adalah Allah yang adil, yang akan memberikan upah kepada pelayan-Mu masing-masing. Amin.”