HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 10 Maret 2013

Khotbah Minggu, 10 Maret 2013

CARILAH, BERSERULAH…
Ayat Pokok: Yesaya 55:6
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat.  Artinya, akan datang waktunya dimana Ia tak lagi berkenan untuk ditemui, dan tak selamanya Ia ada dekat.

Yesaya 55:1-5 berisi seruan/ajakan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.  Mengapa?  Sebab, akibat dosa yang dilakukan bangsa Israel, Allah sudah menjauhkan diri dari mereka – Yesaya 54.

“Terimalah…”
Kata orang, uang bisa membeli apa saja.  Dengan uang, orang bisa memperoleh apa saja yang diinginkannya.  Namun sayang, uang tak bisa membeli sesuatu yang kekal sifatnya.  Makanan dan minuman duniawi tak bisa memuaskan lapar dan dahaga untuk selamanya.   

Tetapi puji Tuhan, Dia menawarkan sesuatu yang abadi, yang tak perlu dibeli dengan uang.  “Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup!”  Saudara dan saya diselamatkan bukan dengan barang yang fana; bukan dengan emas atau perak, melainkan dengan darah Kristus – Anak Domba Allah yang tak bernoda dan tak bercacat – 1 Petrus 1:18-19. 

Jangan Sia-Siakan
Pengampunan dosa dan keselamatan adalah hal terbesar yang bisa kita terima dari Allah.  Jangan sia-siakan tawaran Tuhan.  Akan datang waktunya keselamatan tak lagi tersedia.  Dan ketika saat itu tiba, tak seorang pun akan luput dari pehukuman – Ibrani 2:1-4.

Sebab itu, “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu…” – Ibrani 3:7-8.

Jangan bermain-main dengan waktu.  Jangan sia-siakan waktu yang Tuhan berikan.  Bagi yang belum menerima keselamatan, terimalah saat ini juga; jangan keraskan hatimu.  Jika ada yang telah berjalan menjauh dari Tuhan, inilah saatnya untuk kembali.  Jangan tunda! Kesempatan belum tentu datang lagi.

Esau menganggap remeh dan menyia-nyiakan hak kesulungannya.  Alkitab mencatat, “ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata” – Efesus 12:16-17.

Rasul Paulus memberi nasihat ini kepada jemaat di Korintus, juga kepada setiap saudara dan saya: “… supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima.  Sebab Allah berfirman: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau.”  Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu” – 2 Korintus 6:1-2. 

Pergunakan Waktu Yang Ada
Kalau Tuhan masih memberikan waktu sampai saat ini, pergunakanlah dengan sebaik-baiknya.  Jadilah bijak, jangan seperti orang bebal!  Penyesalan dalam kekekalan kelak, takkan bisa mengubah keadaan.

Pergunakan waktu yang ada.  Terimalah keselamatan dari Tuhan yang tak perlu dibeli dengan uang!  Cari Dia selama Ia masih berkenan ditemui; berseru kepadaNya selagi Ia dekat!  Persembahkan hidupmu untuk melayani Dia!  Puji Tuhan! Tuhan Yesus memberkati saudara.
 

Must Read