HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 7 September 2014

Khotbah Minggu, 7 September 2014

DALAM RUMAH TUHAN
Ayat Pokok: Mazmur 27:4
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Kelimpahan harta tidak menjamin kebahagiaan dan kepuasan batin seseorang.  Raja Daud salah satunya.  Meski memiliki segala sesuatu, ia merasa masih ada satu yang kurang dalam hidupnya.  Dan itulah yang dipinta, dicari dan dikejarnya sampai dapat, yaitu: Diam dalam rumah Tuhan seumur hidupnya!

Cinta Akan Rumah Tuhan
Kita telah melihat betapa Daud sangat cinta akan rumah Allah.  Untuk pembangunan rumah Allah, ia mempersiapkan begitu banyak benda berharga: emas, perak, tembaga, besi, kayu, berbagai jenis batu permata, dan batu pualam. Tidak berhenti di situ, Daud pun tak segan menyumbang dari harta pribadinya:
1. 3.000 talenta (= +102.000 kg) emas;
2. 7.000 talenta (= +238.000 kg) perak murni.

Mengikuti jejak raja mereka, para tentara, pegawai istana bahkan seluruh bangsa  dengan sukacita membawa persembahan mereka:
1. 5.000 talenta emas
2. 10.000 dirham;
3. 10.000 talenta perak;
4. 18.000 talenta tembaga;
5. 100.000 talenta besi; dan
6. Batu-batu permata.

Alkitab mencatat, “Bangsa itu bersukacita karena kerelaan mereka masing-masing, sebab dengan tulus hati mereka memberikan persembahan sukarela kepada TUHAN; juga raja Daud sangat bersukacita.” – 1 Tawarikh 29:1-9.

Dalam Rumah Tuhan
Mengapa Daud begitu rindu tinggal di rumah Tuhan seumur hidupnya?  Bahkan ia bersukacita ketika ada orang mengajaknya pergi ke rumah Tuhan – Mazmur 122:1.  Ada apa dalam rumah Allah?

“Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara?  Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun.”– 1 Korintus 14:26. 

Puji Tuhan!  Di zaman raja Daud, ia dan bangsa Israel bukan hanya memberi untuk pembangunan rumah Allah, tetapi juga untuk ibadah – 1 Tawarikh 29:7.  Sekarang rasul Paulus mengajar setiap saudara dan saya untuk membawa dan mempersembahkan sesuatu dalam rumah Tuhan!

Jadi, selain sukacita (Mazmur 122:1), inilah yang harus ada dalam rumah Tuhan: hal-hal yang sejatinya dipersembahkan umat saat datang ke rumah Tuhan:
1. Mazmur/nyanyian/pujian;
2. Pengajaran (Firman Allah);
3. Pernyataan Allah, yaitu kesaksian-kesaksian;
4. Karunia bahasa Roh; dan
5. Karunia menafsirkan bahasa Roh!

Inilah hal-hal yang harus ada terutama dalam gereja-gereja Pantekosta!  Hal-hal yang sepenuhnya adalah pekerjaan Roh Kudus!  Dan semua itu bertujuan untuk membangun jemaat; mempersiapkan jemaat sebagai mempelai untuk menyambut kedatangan Kristus.  Haleluya!

Tinggal Dalam Rumah Tuhan Seumur Hidup!  Apakah saudara memiliki kerinduan yang sama seperti raja Daud? Tuhan Yesus memberkati!

Must Read