HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 9 November 2014

Khotbah Minggu, 9 November 2014

DI TENGAH KEPUNGAN MUSUH   
Ayat Pokok: Mazmur 55:17-19
Oleh: Pdt. Jeffrey Manitik, Manado

Di tengah kepungan musuh yang berduyun-duyun melawannya, pemazmur sepenuhnya berharap dan bergantung pada Tuhan – bukan pada kekuatan sendiri, apalagi berpaling pada manusia!

“Tetapi aku berseru kepada Allah, dan TUHAN akan menyelamatkan aku.  — Di waktu petang, pagi dan tengah hari aku cemas dan menangis; dan Ia mendengar suaraku.   Ia membebaskan aku dengan aman dari serangan terhadap aku, sebab berduyun-duyun mereka melawan aku.”

Allah Pembela
Cinta Daud akan Tuhan terbukti tak lekang oleh waktu.  Iman dan penyerahan diri total Daud kepada Allah menjadi teladan bagi kita.  Kitab Mazmur yang ditulisnya penuh berisi (1) doa penuh pengharapan; (2) pujian & pengagungan; serta (3) ucapan syukur kepada Allah!

Sadar akan keterbatasan kemampuannya dalam menghadapi gempuran musuh bertubi-tubi, Daud berpaling hanya kepada Allah.  Pada pagi, tengah hari dan petang ia berseru, dan Allah menyelamatkan; membebaskannya dengan aman dari serangan musuh.  Haleluya!

Allah Daud adalah Allah saudara dan saya.  Dia sanggup memagari, melindungi, dan meluputkan kita dari setiap serangan musuh!  Tetapi…. sudahkah saudara berseru-seru kepadaNya siang dan malam?  Percayakah saudara, bahwa “TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan” – Mazmur 145:18?

Berserulah
Yesaya 55:6 – “Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!”

Yeremia 33:3 – “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui”

Ada mezbah yang harus kita bangun.  Ada doa yang harus senantiasa kita panjatkan!  Doa adalah satu-satunya komunikasi dua arah untuk membangun keintiman dengan Tuhan.  Di sanalah umat Tuhan beroleh jawaban, penghiburan, kekuatan, dan jalan keluar atas segala persoalan dan pergumulan!  Puji Tuhan!

Begini janji Tuhan bagi umatNya: “… Dan TUHAN mengaruniakan kepada mereka keamanan ke segala penjuru, tepat seperti yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka.  Tidak ada seorangpun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapi mereka; semua musuhnya diserahkan TUHAN kepada mereka” – Yosua 21:43-44.

Peperangan apa yang tengah saudara hadapi?  Adakah musuh mengepung dari segala penjuru?  Hari ini Firman Tuhan mengingatkan kita: Dia adalah Allah yang tidak berubah: dulu, sekarang, dan selamanya.  Dia sanggup membebaskan kita dengan aman!  Karenanya, jangan ragu!  Cari Dia selagi Ia berkenan ditemui; jangan jemu berseru kepadaNya.  Dan Dia akan menjawab setiap doa kita.  Haleluya! Tuhan Yesus memberkati!

Must Read