HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 30 April 2017

Khotbah Minggu, 30 April 2017

HARI INI, DENGARKAN SUARA TUHAN!
Ayat Pokok: Ulangan 28:1
Oleh: Pdt. Stefanus Kafiar, Manokwari, Papua Barat

Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.”

Tidak Mendengarkan Dengan Baik
Di Taman Eden, Adam dan Hawa mendengar perintah Tuhan: “… semua pohon dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati” – Kejadian 2:16-17. 

Namun karena tidak mendengarkan dengan saksama, mereka tidak melaksanakan perintah Tuhan!  Akibatnya:  Tuhan mengusir mereka keluar dari Taman Firdaus! 

Lot, isteri dan kedua anaknya mendengar perintah Tuhan: “… Larilah, selamatkanlah nyawamu; janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di manapun juga di Lembah Yordan, larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati lenyap” – Kejadian 19:17.  Isteri Lot menoleh ke belakang, dan menjadi tiang garam!

Karena tidak mendengarkan dengan sungguh dan tidak menjalankan perintah Tuhan, Yunus akhirnya ditelan oleh seekor ikan besar – Yunus 1.

Mendengar Dengan Baik
Nuh sungguh-sungguh mendengarkan serta melaksanakan persis seperti yang diperintahkan Tuhan.  Dan ia sekeluarga luput dari kebinasaan  “Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu gofir; bahtera itu harus kaubuat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam.  Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya” – Kejadian 6:14-15.

Elia taat melakukan perintah Tuhan, dan ia terpelihara selama tiga tahun masa kekeringan dan bala kelaparan hebat!  Alkitab mencatat, “ia pergi dan ia melakukan seperti firman TUHAN…”   Di tepi sungai Kerit, Tuhan memerintahkan  burung-burung gagak (= iblis) untuk memberi dia makan!  Dan ketika sungai Kerit mulai kering, di Sarfat, ia diberi makan oleh seorang janda miskin dengan segenggam tepung dan sedikit minyak yang tidak berkurang sampai masa kekeringan berakhir – 1 Raja-Raja 17:1-16!

Sepuluh orang kusta beroleh kesembuhan saat mendengarkan dan melakukan perintah Tuhan – Lukas 17:11-14!
Simon berkata, “karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga” – Lukas 5:5.  Hasilnya?  Mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak!

Tuhan berkata, lebih baik kehilangan salah satu anggota tubuh, daripada memiliki tubuh utuh namun masuk neraka – Markus 9:42-50.  Ia menyebutkan tangan, kaki dan mata, namun tidak bicara tentang telinga.  Mengapa?  Sebab telinga adalah bagian tubuh yang berfungsi untuk mendengar.  “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus” – Roma 10:17.  Haleluya!

Hari ini, Allah hendak memulihkan usahamu, kesehatanmu, memberkati melimpah, bahkan mengangkat saudara dan saya di atas segala bangsa di bumi!  Syaratnya: baik-baik mendengarkan dan melakukan FirmanNya. 
Tuhan Yesus memberkati saudara! 

Tambahan Bp. Gembala
Ibrani 4:6-7 – “Jadi sudah jelas, bahwa ada sejumlah orang akan masuk ke tempat perhentian itu, sedangkan mereka yang kepadanya lebih dahulu diberitakan kabar kesukaan itu, tidak masuk karena ketidaktaatan mereka. Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu “hari ini”, ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!”

Hari ini saat saudara mendengar suara Tuhan, jangan keraskan hatimu, lakukan apa yang Tuhan perintahkan.  Dan saudara tidak akan kecewa.  Tuhan memberi keselamatan, kelepasan, penghiburan, dan pertolongan. 
Tuhan bicara tentang satu Hari yang lain – Ibrani 4:8, yaitu Hari Perhentian bagi saudara dan saya!  Akan datang masa 1.000 tahun damai di atas muka bumi ini saat Yesus datang kembali. 

Mulai hari ini, percayalah Tuhan akan melakukan perkara heran dalam hidupmu.  Apa yang belum pernah dilihat mata, didengar telinga, dan yang tak pernah timbul dalam hati manusia, itulah yang Allah sediakan bagi barangsiapa yang melakukan Firman-Nya.  Haleluya!

Must Read