Pemerintah


Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. (Roma 13:1)

Di Indonesia kita mengenal pemerintah pusat, pemerintah daerah tingkat I dan tingkat II. Pemerintah pusat dijalankan oleh seorang Presiden dibantu oleh seorang wakil presiden dan segenap menteri yang diangkatnya. Pemerintah tingkat I dijalankan oleh seorang gubernur dan pemerintah tingkat II dijalankan oleh bupati atau walikota. Firman Tuhan mengajarkan, kita harus tunduk kepada mereka sebab mereka berasal dan ditetapkan oleh Allah melalui pemilu. Firman Tuhan selanjutnya menjelaskan barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.

Jadi, sebagai anak bangsa, terlebih lagi sebagai anak Tuhan, kita wajib melakukan setiap aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Bila kita tidak membayar pajak misalnya, kita bukan hanya melanggar aturan pemerintah tetapi juga melawan ketetapan Allah. Kita berdosa kepada Tuhan karenanya. Sebaliknya bila pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahannya bertindak semena-mena terhadap rakyatnya, maka mereka bertanggung jawab kepada Allah yang menetapkan mereka. Sebagaimana Allah mengangkat dan menurunkan raja di Israel, demikian pula Allah dapat menurunkan pemerintah yang lalim.

Sejarah dunia modern membuktikan bagaimana kekuasaan yang lalim itu jatuh. Perhatikanlah Hitler di Jerman, Mussolini di Italia, dan Idi Amin di Uganda. Itu baru sebagian, masih banyak lagi pemerintahan lalim yang Tuhan hancurkan, bahkan hingga hari ini. Memang terjadinya tidak seperti Allah bertindak terhadap Sodom dan Gomora. Sebab bukankah Allah dapat memakai apa saja untuk menjatuhkan, sama seperti Allah memakai keledai untuk menegur Bileam.

Hari ini, siapapun yang terpilih menjadi pemimpin kita di pemerintahan, taatilah mereka. Mungkin mereka bukan pilihan kita di bilik suara. Mungkin kita tidak menginginkan program dari pemimpin yang terpilih. Siapapun mereka dan apapun program mereka, kita patut menghormati dan terlibat dalam program mereka. Sebab itu adalah bagian dari ‘takluk’ kepada pemerintah seperti yang dikatakan nats hari ini. (tw)

DOA :“Tuhan Yesus, aku percaya setiap pemerintah ditetapkan oleh Engkau. Sebab itu aku mau tunduk kepada pemerintah dan menjalankan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Amin.”

Must Read