HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 2 Maret 2014

Khotbah Minggu, 2 Maret 2014

CARILAH DAHULU KERAJAAN ALLAH
Ayat Pokok: Matius 6:25-34
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.  Dari sekian banyak keinginan, yang menjadi prioritas utama raja Daud adalah: diam dalam rumah Tuhan seumur hidupnya!  “Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain…”  – Mazmur 84:10.  Haleluya!

Kebutuhan Utama
Prioritas utama manusia pada umumnya bertolak belakang dari prioritas hidup raja Daud.

Makan – Minum – Pakai memang merupakan kebutuhan dasar dan utama umat manusia.  Untuk bertahan hidup, manusia membutuhkan ketiga perkara itu.  Namun, jangan lupa, ada hal yang jauh lebih penting dari ketiga perkara itu. 

Tuhan Yesus berkata, “Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?…  Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?…”

Carilah Dahulu Kerajaan Allah
Kekuatiran akan perkara-perkara jasmani sama sekali tidak berguna dan takkan mengubah keadaan.  Lalu apa jalan keluarnya?  Sebagai orang percaya, apa yang harus kita lakukan?

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” 

Haleluya!  Kuncinya hanya satu: Cari dulu Kerajaan Allah dan segala kebenarannya!  Jangan cari perkara-perkara jasmani – seperti yang dicari dan diutamakan orang dunia!  Maka Tuhan akan memenuhi segala keperluan saudara dan saya.  Puji Tuhan!

Kerajaan Allah
Apa isi Kerajaan Allah?  Roma 14:17 mencatat, Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, melainkan:
1. Kebenaran;
2. Damai Sejahtera; dan
3. Sukacita oleh Roh Kudus.

Kebenaran
Firman Allah adalah Kebenaran!  Dan di akhir zaman, segala bangsa dan suku bangsa akan berduyun-duyun datang ke gunung Tuhan untuk mendapatkan pengajaran tentang segala jalan Tuhan – Yesaya 2:2-4.  Puji Tuhan!

Damai Sejahtera
Saat Yesus, Sang Raja Damai datang kembali kelak, Kitab Yesaya 11:6-9 menggambarkan apa makna damai sejahtera yang sesungguhnya!  “Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing…   Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya.” 

Sukacita
Salah satu yang diajarkan Tuhan Yesus dalam Doa Bapa Kami adalah untuk kita saling mengampuni, agar Bapa di surga juga mengampuni segala kesalahan kita – Matius 6:12.  Amin!

Apa prioritas utama dalam hidupmu?  Perkara-perkara rohanikah?  Atau jasmani?  Orang kaya yang berlari-lari mendapatkan Yesus, sangat ingin memperoleh hidup yang kekal.  Ia telah melakukan segala perintah Tuhan sejak masa mudanya!  Satu langkah lagi, dan ia akan mendapatkan apa yang dirindukannya.  Namun sayang, ia gagal!  Tuhan memintanya untuk menjual seluruh hartanya dan mengikut Dia.  Alkitab mencatat, “mendengar perkataan itu ia menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih” – Markus 10:17-22.

Mengikut Yesus adalah hal yang paling utama.  Itulah yang harus menjadi prioritas utama hidup setiap saudara dan saya.

Carilah dahulu Kerajaan Allah.  Jadikan Yesus satu-satunya prioritas utama dalam hidupmu.  Sekali Yesus, Tetap Yesus.  Maka saudara tak lagi perlu kuatir akan apapun jua dalam hidup ini!

Puji Tuhan! Tuhan Yesus memberkati saudara dengan limpah!

Previous article
Next article

Must Read