HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 27 Maret 2016

Khotbah Minggu, 27 Maret 2016

PASKAH
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 10:40-42
Oleh: Pdt. Haniel van de Krogt
 
PASKAH adalah Kematian dan Kebangkitan Yesus!  Dua peristiwa puncak yang menuntaskan misi utama Yesus datang ke dunia: menyelamatkan umat manusia yang berdosa. 

“Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri, bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati.  Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.”

Menampakkan Diri
Setelah bangkit di hari pertama minggu itu, 40 hari lamanya Yesus menampakkan diri kepada banyak saksi, sebelum Ia kemudian naik ke sorga. 

Semasa 42 bulan pelayananNya, Yesus menyusuri semua wilayah dari Utara ke Selatan, mengabarkan Injil kepada setiap  orang yang ditemuiNya.  Namun, selama 40 hari setelah kebangkitanNya, Ia secara khusus hanya menampakkan Diri kepada  murid-murid, dan saksi-saksi seperti yang “ditunjuk oleh Allah” untuk meneguhkan iman mereka!

Kubur yang kosong ternyata membuat hati sebagian besar murid kecewa, sedih, bahkan tergoncang imannya – Lukas 24:19-24.  Itu sebabnya, setelah bangkit, Yesus merasa perlu menampakkan diri kepada murid-murid secara pribadi.

Dan dampaknya luarbiasa.  Dua murid yang memutuskan pulang kampung dengan hati hancur, berubah drastis.  Alkitab mencatat, hati mereka berkobar-kobar; mereka segera kembali ke Yerusalem padahal baru saja tiba di Emaus.

Kecewa dan sedih, sebagian murid memutuskan kembali menjadi penjala ikan. Namun di kemudian hari, mereka berubah menjadi saksi hidup tentang Yesus yang telah mati namun bangkit kembali! 

Pasti Datang Kembali
Hari ini kita memperingati hari kebangkitan Tuhan.  Dua ribu tahun lalu Dia telah menyerahkan nyawaNya ganti saudara dan saya.  Namun maut tak kuasa menahanNya dalam kubur.  Pada hari ketiga, Dia bangkit!  Haleluya!

Yesus telah mati, bangkit, naik  dan sekarang ini tinggal di dalam sorga.  Namun Dia berjanji akan datang kembali.  Kapan?  Tak seorang pun mengetahui masa dan waktunya!

Pastikan, saat Ia datang kembali, saudara dan saya ada! Jangan jadikan Paskah: Kematian & KebangkitanNya sia-sia.  Manfaatkan waktu yang tersisa: perkenalkan dan bersaksi tentang Yesus yang hidup!  Sesungguhnya Yesus telah bangkit dan Dia hidup sampai selama-lamanya! Haleluya!  Selamat Paskah, dan Tuhan Yesus memberkati!

Must Read