HomeInfo RohaniInfo SehatBermanfaat untuk Kesehatan Organ Hati

Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Hati

Organ hati memiliki fungsi yang vital dalam memetabolisme nutrisi yang diserap usus dan proses detoksifikasi. Bantu kesehatan hati agar bisa berfungsi optimal dengan makanan berikut:

– Bawang putih
Bawang putih membantu hati mengaktifkan enzim yang bisa membuang toksin. Selain itu, bumbu yang satu ini juga memiliki komponen alami, yaitu allicin dan selenium, yang penting bagi hati saat berfungsi membersihkan zat-zat sisa.

– Kopi
Kopi ternyata memiliki kandungan yang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit hati. Hasil sebuah penelitian menunjukkan, minum dua cangkir kopi setiap hari (tanpa gula tentunya) akan mengurangi risiko terkena penyakit hati sampai 44 persen.

– Alpukat
Ada satu alasan lagi untuk rutin mengonsumsi alkpukat, yaitu menyehatkan hati. Ini karena dalam buah ini terkandung antioksidan yang disebut glutathione yang berperan dalam menyaring zat-zat berbahaya dari hati dan melindungi dari kerusakan sel.

– Kunyit
Rempah ini sudah lama dikenal manfaatnya bagi organ hati. Kunyit mampu mengurangi jumlah radikal bebas dalam lever. Kunyit juga membantu tubuh mencerna lemak dan menghasilkan empedu yang berperan sebagai pendetoksifikasi alami.

– Grapefruit
Buah yang masuk dalam kelompok jeruk bali ini bukan hanya segar untuk dirujak, melainkan juga bermanfaat untuk lever. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi dan antioksidan dalam grapefruit akan membuang keluar toksin dari tubuh. (KompasHealth)

Must Read