HomeInfo RohaniBerita GPdI KetapangSekilas Tentang Panti Werdha Berea

Sekilas Tentang Panti Werdha Berea

Panti Werdha Berea  adalah salah satu wadah pelayanan dalam lingkup Majelis Jemaat GPdI Ketapang. Panti Werdha yang terletak di Jl. Setia, Kedoya, Jakarta Barat ini didirikan pada tahun 1990 dan semula berada di bawah naungan Yayasan Berea. Namun pada tahun 2009 yang lalu, kepengurusan Panti Werdha Berea dialihkan kepada pihak Majelis Jemaat berhubung Yayasan Berea lebih memusatkan pelayanan pada bidang lainnya.

Sesuai dengan namanya, Panti Werdha ini menampung orang-orang yang sudah lanjut usia dan pada umumnya mereka tidak memiliki keluarga atau tidak mampu diurus oleh keluarganya yang ada karena berbagai macam sebab. Penghuni Panti Werdha ini seluruhnya adalah wanita dan pada umumnya adalah ibu-ibu janda yang sudah lanjut usia.

Panti Werdha Berea dapat menampung maksimal 30 orang, dan pada saat ini dihuni oleh 25 orang, ditambah dengan Pengurus lapangan sebanyak 2 orang dan ditunjang oleh lima orang pembantu yang merawat para penghuni Panti. Para penghuni Panti sendiri, tidak seluruhnya berasal dari kalangan jemaat GPdI Ketapang, walaupun tentunya diberi kesempatan terlebih dahulu kepada kalangan jemaat sendiri. Ada beberapa orang penghuni yang berasal dari gereja GPdI lainnya atau non GPdI tetapi diterima dengan pertimbangan tertentu.

Bagi mereka yang menjadi penghuni Panti,  mereka diharuskan memenuhi beberapa persyaratan, antara lain harus berusia minimal 60 tahun, sehat jasmani dan rohani, bersedia mengikuti ibadah di GPdI Ketapang serta tentunya harus membayar iuran bulanan sebesar Rp.1.000.000,-/bln.

Dalam membina kerohanian penghuni Panti, setiap hari Kamis pagi diadakan Kebaktian di Aula Panti Werdha yang dilayani oleh para Hamba Tuhan dalam lingkungan jemaat GPdI Ketapang. Selain itu, Kadang kala ada juga tamu-tamu yang datang berkunjung dari luar GPdI Ketapang dan meminta untuk diadakan acara kebaktian maupun acara kebersamaan dengan para penghuni Panti.

Setiap hari Minggu para penghuni Panti diajak untuk berbakti di GPdI Ketapang. Pada waktu tertentu, para penghuni Panti juga diajak rekreasi ke beberapa tempat wisata di sekitar Jabodetabek, agar mereka juga dapat menikmati rekreasi bersama teman-teman dan para tamu yang membawa mereka berliburan. Kepada mereka juga diberikan pelatihan ketrampilan wanita seperti membuat manik-manik, menyulam dan lainnya dimana hasil karya mereka untuk dijual kepada para tamu yang berkunjung kesana. Hasil penjualan barang kerajinan tangan buatan mereka digunakan untuk membantu keperluan operasional Panti Werdha Berea.

Sedangkan untuk menjaga kesehatan para penghuni, maka setiap minggu sekali diadakan pemeriksaan kesehatan oleh Dr. Jaya dari Team Pelayanan Kesehatan Jemaat GPdI Ketapang. Dalam memenuhi kebutuhan pengobatan mereka, pada umumnya para penghuni membeli obat-obatan itu dengan biaya sendiri. Namun ada juga penghuni yang tidak memiliki kemampuan untuk membeli obat-obatan sendiri dan mereka mendapat pemberian obat secara gratis dari gereja. Untuk memenuhi kebutuhan pengobatan mereka, saudara yang terbeban untuk membantu dapat menghubungi Dr. Jaya di Gereja GPdI Ketapang setiap hari Minggu pagi.

Panti Werdha Berea yang sudah berumur lebih dari 20 tahun ini memerlukan perbaikan dalam berbagai bidang seperti Perawatan Gedung, Pemeliharaan Kamar Tidur dan perbaikan perabotannya seperti Lemari Pakaian, Tempat Tidur, Kawat Nyamuk yang rusak dan sebagainya. Selain itu juga diperlukan Dana khusus untuk pembelian Peti Jenazah bagi mereka yang meninggal dunia, terutama bila pihak keluarganya tidak mampu untuk membiayai pengurusan pemakamannya.

Banyak hal yang dapat saudara berikan untuk mempertahankan kelangsungan Panti Werdha Berea di waktu yad. Bila saudara tergerak hati untuk mengulurkan tangan membantu mereka atau berminat untuk berkunjung kesana, saudara dapat menghubungi Pengurus Panti Werdha yaitu Ibu Erica atau Ibu Eva di NomerTelpon 021-5821864.

Demikianlah sekilas tentang Panti Werdha Berea dan terlampir beberapa buah foto penghuni dalam sebuah acara kebaktian rutin yang diadakan beberapa waktu lalu. (phm/EMC)

Previous article
Next article

Must Read