HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Hari Kenaikan Tuhan Yesus, 29 Mei 2014

Khotbah Hari Kenaikan Tuhan Yesus, 29 Mei 2014

HARI KEMENANGAN TERBESAR
Ayat Pokok: Yohanes 1:18
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya. 

Sejak manusia pertama jatuh dalam dosa, tak seorang pun bisa melihat Allah.  Tetapi puji Tuhan, Allah yang adalah Firman – yang tak dapat dilihat – telah menjadi manusia, diam di antara kita, sehingga kita telah melihat kemuliaanNya – Yohanes 1:1; 14.  Anak Tunggal Allah, yaitu Yesus, Dialah yang menyatakan/memperlihatkan/memperkenalkan sehingga manusia bisa melihat dan mengenal Allah!

Hari ini kita memperingati Hari Kenaikan Tuhan Yesus ke surga dua ribu tahun lalu.  Mengapa Ia harus naik ke surga?

Kebangkitan Tuhan
Setelah Roh Kudus turun ke atas murid-murid pada hari Pantekosta, Petrus bangkit dan berkhotbah di hadapan orang Yahudi.  Antara lain ia berbicara tentang kebangkitan Yesus. 

Katanya, “… Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi.  Dan sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah …” – Kisah Para Rasul 2:31-33.

Setelah mati dan bangkit pada hari ketiga, Yesus naik, dan menerima tempat paling terhormat di dalam surga: duduk di sebelah kanan Allah, dan Ia akan membuat musuh-musuhNya menjadi tumpuan kakiNya – Kisah Para Rasul 2:34-35.  Haleluya!

Kenaikan Tuhan
“… terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka” – Kisah Para Rasul 1:9.

Hari Kenaikan Tuhan merupakan hari termulia sebab pada hari itu, Yesus ditutup oleh awan (= Shekinah = kemuliaan Allah yang sepenuhnya).  Pada hari itulah, manusia yang belum pernah melihat dan tidak mengenal Allah, menyaksikan kemuliaanNya! 

“Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia (Bahasa Inggris: “… God also has highly exalted Him…”) dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama” – Flipi 2:9.  Allah sangat meninggikan Yesus.  Ketika naik ke surga, Ia beroleh: 1) tempat paling terhormat/istimewa, yaitu duduk di sebelah kanan Allah Bapa; dan 2) nama di atas segala nama! 

Jika Yesus tidak naik ke surga, saudara dan saya tidak akan menerima Roh Kudus yang senantiasa mau menyertai, menguatkan, menghibur dan memimpin segala jalan kita.  Puji Tuhan!  

Hari ini adalah hari peringatan kemenangan terbesar bagi orang percaya!  Mari rayakan, rasakan dan alami kuasa Pantekosta yang masih tetap sama.  Dia mau mencurahkan RohNya ke atas setiap saudara dan saya.  Tuhan Yesus memberkati saudara!

Must Read