HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Hari Kebangkitan Tuhan Yesus, 5 April 2015

Khotbah Hari Kebangkitan Tuhan Yesus, 5 April 2015

KEBANGKITAN YANG KUDUS & BENAR!
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 3
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Maut tak kuasa menahan Yesus!  Setelah tiga hari tiga malam ada dalam kubur, pada hari yang ketiga, Ia bangkit! “Hai maut di manakah kemenanganmu?  Hai maut, di manakah sengatmu?”

Setelah tiga kali menyangkal mengenal Yesus di malam sebelum Ia disalibkan, pada Hari Pantekosta setelah Roh Kudus turun ke atas 120 orang murid, Petrus berubah 180 derajat!  Hari itu, sekali ia berkhotbah, 3000 orang bertobat! 

Pencurahan Roh Kudus
Yesus adalah Pembaptis dengan Roh Kudus!  Ia mengundang barangsiapa yang haus untuk datang dan minum daripadaNya, maka dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup – 1 Yohanes 7:37-39.

Roh Kudus dicurahkan ke atas semua manusia – tak terkecuali – baik orang percaya maupun tidak percaya – Yoel 2:28-29.  Bedanya: yang percaya, akan menerima kepenuhan Roh Kudus, sedangkan yang tidak percaya, takkan bisa menerima Roh Kudus! 

Sama halnya dengan keselamatan.  Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk beroleh keselamatan!  Keselamatan ditawarkan kepada semua yang mau percaya kepada Yesus yang adalah satu-satunya Jalan untuk beroleh keselamatan – Yohanes 3:16.

Roh Kudus memang akan dicurahkan ke atas semua manusia.  Tetapi tidak berarti manusia hanya pasif menunggu lalu menerimanya begitu saja.  Harus ada usaha dari pihak manusia untuk datang dan meminta!

Mujizat Terjadi
Roh Kudus tidak hanya mengubah Petrus dari seorang pecundang menjadi seorang yang berani dan berapi-api memberitakan Injil, tapi juga menjadi seorang yang berkuasa mengadakan mujizat! 

“Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!”  Dan seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu.  Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian ke mari dan mengikuti mereka ke dalam Bait Allah, berjalan dan melompat-lompat serta memuji Allah!” 

Yang Kudus & Benar
Ketika semua orang masih terperangah dan kagum menyaksikan mujizat yang baru saja terjadi, Petrus memanfaatkan kesempatan untuk memperkenalkan Yesus yang telah mereka bunuh, namun kemudian bangkit! 
Yang berkuasa membuat orang lumpuh ini berjalan adalah Dia yang telah mereka tolak dan salibkan, yaitu “Yang Kudus dan Benar; Pemimpin kepada hidup.”

“Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan, agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus…”

Kematian dan Kebangkitan Kristus 2000 tahun lalu, telah menarik banyak jiwa datang kepadaNya.  Puji Tuhan! 

Selamat Paskah!  Selamat Merayakan Kebangkitan Yang Kudus & Benar, Sang Pemimpin kepada hidup, Pembaptis dengan Roh! Tuhan Yesus memberkati saudara!

   

Must Read