HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahIbadah Tahun Baru, 1 Januari 2017

Ibadah Tahun Baru, 1 Januari 2017

BERGAUL DENGAN ALLAH
Ayat Pokok: Kejadian 5
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Waktu diciptakan Allah tatkala Ia menjadikan benda-benda penerang untuk memisahkan siang dari malam – Kejadian 1:14-19.  Sejak itu, waktu terus berjalan, dan hari ini kita menyambut tahun yang baru. 

Demikianlah seiring berjalannya waktu, satu per satu kekasih-kekasih di sekitar kita pergi ke pangkuan Tuhan.  Padahal, di awal penciptaan, secara khusus manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah sendiri.  Manusia bahkan dimaksudkan untuk hidup abadi. 

Namun, dosa berbuah maut.  Maka sejak manusia jatuh dalam dosa, usianya semakin pendek!   Dalam Mazmur 90:10, Musa mengakui kenyataan ini – “Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.”

Henokh
Dosa membawa kematian.  Kitab Kejadian pasal 5 memuat silsilah Adam, yang semuanya mengalami hal yang sama “… lalu ia mati.”  Kecuali satu: Henokh!

“Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun… lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.”

Ya, Henokh – keturunan Adam yang ke-7– menjadi manusia pertama yang tidak mengalami kematian!  Ia raib begitu saja: diangkat oleh Allah!   

Alkitab mencatat, “Henokh hidup bergaul (= berjalan, bersekutu) dengan Allah”; hidup menuruti Firman Allah!

Henokh juga dicatat sebagai salah seorang saksi iman!  “Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya.  Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah – Ibrani 11:5.

Hari-Hari Terakhir
Waktu akan segera berhenti berputar.  Saudara dan saya hidup di hari-hari terakhir menjelang kedatangan Tuhan Yesus kembali.    Hari-hari di mana akan datang masa yang sukar – 1 Timotius 3:1.  Kesukaran yang belum pernah terjadi sebelumnya! 

Nubuat Henokh tentang kedatangan Tuhan kembali: “… “Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya, hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan” – Yudas 1:14-15.

Puji Tuhan!  Bersama Yesus,  saudara dan saya akan menapaki hari-hari terakhir dengan berani. 
Mari, melangkah masuk di tahun 2017 dengan tekad dan semangat baru untuk memperbaharui dan mempererat hubungan; bergaul semakin lekat dengan Tuhan!

Selamat Tahun Baru!  Tuhan Yesus memberkati saudara!

 

Must Read