HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 15 Januari 2017

Khotbah Minggu, 15 Januari 2017

BERKAT TUHAN
Ayat Pokok: Bilangan 6:22-27
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Tuhan adalah satu-satunya Kemuliaan, Pembela, dan Penolong kita.  Dia yang tidak memiliki bayang-bayang perubahan!  Dia, yang FirmanNya bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran – 2 Timotius 3:16.

Firman TUHAN
“TUHAN berfirman kepada Musa”

Kata “TUHAN” yang dicetak dengan huruf besar, merujuk pada TUHAN yang Maha Kuasa; Elohim, Pencipta langit dan bumi.  Hanya dengan berfirman, jadilah langit, bumi dan segala isinya!  Haleluya! 

Dan kita membaca, Tuhan yang Maha Kuasa ini menyampaikan FirmanNya kepada Musa untuk disampaikan kepada Harun, yang adalah imam besar, tentang bagaimana TUHAN akan memberkati bangsa Israel!

Berkat TUHAN
Di zaman Perjanjian Lama, Harun adalah Imam Besar bangsa Israel, yang jabatannya diturunkan kepada keturunannya, ketika ia meninggal dunia. 

Dalam Perjanjian Baru (saudara dan saya termasuk di dalamnya), Imam Besar bukan lagi Imam Besar manusiawi, tetapi menurut peraturan Melkisedek, yaitu Yesus Kristus, yang adalah TUHAN itu sendiri!

Lalu berkat apa yang TUHAN ingin Musa sampaikan kepada Harun untuk diteruskan kepada bangsa Israel? 

Empat berkat Tuhan bagi saudara dan saya sebagai bangsa Israel rohani :

1. Perlindungan
“TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau”

Tuhan adalah benteng perlindungan.  Dia menjaga, melindungi kita dari berbagai macam ancaman dan bahaya.

“Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke manapun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu” – Kejadian 28:15.

“Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel.” – Mazmur 121:4.

2. Kasih Karunia
“TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia”

Hanya karena kasih karuniaNya lah saudara dan saya yang seharusnya kena murka, dan mati karena segala pelanggaran dan dosa, kini bisa hidup, bahkan kelak hidup selamanya bersama Kristus Yesus.  Puji Tuhan!

“… Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita — oleh kasih karunia kamu diselamatkan…” – Efesus 2:1-5.

3. Damai Sejahtera
“TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera”

Hanya Tuhan yang dapat memberi damai sejahtera sejati!  NamaNya adalah Raja Damai – Yesaya 9:6.

Itu sebabnya Dia mengundang siapa saja, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” – Matius 11:28.

4. Nama TUHAN
“Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka”

Saudara dan saya adalah anak-anak Allah.  Nama Allah Yang Maha Kuasa diberikan kepada kita pada saat kita bertobat dan dibaptis ke dalam NamaNya – Kisah Para Rasul 2:38.  Dan menyandang Nama Allah, berarti berkat Tuhan turun melimpah ke atas saudara dan saya.

“Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.” – Keluaran 23:25. 

Puji Tuhan!  TUHAN melimpahkan berkatNya ke atas saudara dan saya sampai kita bertemu dengan Dia!  

Must Read