HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanGembalakanlah domba-dombaKu

Gembalakanlah domba-dombaKu

Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini? Jawab Petrus: “Benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-dombaKu.” (Yoh. 21: 15)

Dalam percakapan pribadi antara Tuhan Yesus dengan Simon Petrus setelah kebangkitan-Nya, kita membaca dan menemukan  bahwa Yesus mengulangi pertanyaan yang sama kepada Petrus sebanyak tiga kali.

Walaupun demikian, kita menemukan bahwa Petrus tidak menjadi marah atau gusar dengan pertanyaan yang Yesus ajukan berulang kali kepadanya. Ia tetap menjawab dengan jawaban yang sama bahwa ia tetap mengasihi Tuhan. Dan sebanyak itu pula Yesus berkata: “Gembalakanlah domba-dombaku.”

Pertanyaan Yesus kepada Petrus merupakan sebuah teguran dan konfirmasi yang Yesus kehendaki dari Petrus terhadap panggilan yang telah diberikan kepadanya sebagai seorang murid Yesus dan kemudian sebagai seorang Rasul setelah Hari Pentakosta.

Meskipun Alkitab tidak menerangkan kepada kita, tetapi sejarah gereja mencatat bahwa Petrus kemudian menjadi gembala jemaat di kota Roma. Sehingga untuk menghormati jasa-jasanya, gereja Katolik Roma kemudian mendirikan sebuah gereja yang megah dan mewah yang dinamakan dengan Basilika Santo Petrus.

Yang perlu kita renungkan adalah maksud dari pertanyaan Yesus kepada Petrus: “Apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini?” Mengapa Yesus harus mengajukan pertanyaan tersebut kepada Petrus? Bukankah Ia mengetahui apa yang ada dalam hati Petrus?

Apakah karena Petrus lebih mengasihi teman-temannya daripada mengasihi Yesus? Atau apakah teman-temannya lebih mengasihi Yesus dibandingkan dengan kasih Petrus kepada Yesus? Atau apakah karena Petrus lebih mengasihi harta kekayaannya, karena mereka baru saja menangkap seratus lima puluh tiga ekor ikan besar-besar? (Yoh. 21: 6-15)

Seandainya Yesus mengajukan pertanyaan yang sama kepada saudara saat ini, apakah jawab saudara? Apakah saudara mengasihi Yesus lebih dari segalanya? Gembalakanlah domba-dombaNya. (PHM)

Doa: Tuhan Yesus, tolong aku untuk mengasihi Engkau lebih dari segala yang kumiliki dalam dunia ini. Engkaulah segalanya dalam hidupku. Amin. 

Must Read