Mengenal Jerat Iblis

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. (1 Petrus 5:8)

Rancangan Tuhan atas orang percaya pasti yang terbaik. Allah sendiri memberi jaminan, Ia tidak pernah merancangkan yang buruk. Rancangan-Nya penuh damai sejahtera, masa depan yang cerah. Jika demikian kebenarannya, lantas mengapa orang percaya ada yang gagal? Malah ada yang keadaannya miris sampai ajal menjemput.

Tuhan sudah merancangkan masa depan yang sangat indah atas hidup seorang pemuda. Sejak masih dalam kandungan, ia sudah ditetapkan akan membawa berkat dan berdampak bagi banyak orang. Luar biasa dan betapa bahagia orang tua yang sudah mendapat konfirmasi langsung dari Tuhan tentang hidup anaknya kelak.
Apa yang dijanjikan Tuhan benar digenapi. Kehadiran pemuda itu memberi kontribusi besar dalam ketenangan hidup masyarakat. Sayang, hal ini tidak berlangsung lama. Tuhan sudah punya ketentuan sendiri untuk memakai hidup pemuda tersebut, namun ketentuan itu telah dilanggar karena dirinya tidak kuat menghadapi godaan. Khususnya berhadapan dengan wanita-wanita cantik.

Simson jatuh bertekuk lutut di kaki Delila. Rayuan maut wanita cantik itu meruntuhkan pertahanannya. Semula Simson mampu bertahan tidak membongkar rahasia letak kekuatannya. Tapi Delila yang tak kenal putus asa terus melancarkan serangan, sampai akhirnya Simson mengaku. Karirnya sebagai penyelamat Israel hancur. Saat membalas dendam,  ia ikut tewas mengenaskan bersama orang-orang target kemarahannya.

Sekali lagi, rancangan Tuhan sempurna dan Iblis tahu itu. Demi mencapai tujuannya sendiri, Iblis punya banyak strategi. Ia akan menyerang titik lemah kita. Bila tidak kuat iman maka kita pasti kalah. Kegagalan memengaruhi mental dan bila kita tidak siap serta berusaha bangkit dari mimpi buruk ini, ujung-ujungnya adalah kehancuran.

Saudara, setiap kita punya kelemahan. Jadi pahami hal itu, peka dan waspadalah terhadap cara kerja Iblis. Jika tidak maka kita akan hancur. Teruslah berdiri teguh dalam iman, jangan terkecoh oleh Iblis dan antek-anteknya. (lr)

Doa: Tuhan aku berserah sepenuhnya ke dalam tangan-Mu. Pimpin hidupku sehingga terhindar dari perangkap Iblis. Amin.

Must Read