Cukup 3M

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Rom 8:28)

Ada tiga hal yang wajib untuk dilakukan oleh setiap orang percaya. Saya menyebut ketiga hal itu sebagai 3M. Bila kita melakukan 3M ini, maka iman percaya kita pasti bertumbuh.

M yang pertama adalah mengasihi. Kita harus mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan akal budi kita. Kasih kita kepada Tuhan tidak boleh berhenti tetapi harus terus berlanjut hingga kita semakin mengenal Tuhan. Tuhan juga mengasihi kita, oleh kasih-Nya kita akan mengalami perubahan hidup karena Tuhan akan mewujudkan rencana-Nya yang indah bagi kita. Dia juga akan senantiasa bersama dengan kita yang mengasihi-Nya (Wahyu 3:20). M yang kedua adalah mendengar. Kita harus bisa mendengar dengan seksama.
Yohanes 10:16 berkata, “Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.” Domba melambangkan umat Tuhan yang harus mendengar suara gembala. Karena gembalalah yang akan menuntun mereka ke rumput yang hijau dan ke air yang tenang (Mazmur 23:1-6). Gembala juga yang akan menghadapi musuh domba-dombanya, seperti menghalau serigala yang mau menerkam dombanya. Domba akan aman selama ia mendengar suara gembalanya. Yesuslah Gembala kita yang sesungguhnya. Kita patut dengar-dengaran kepada suara Tuhan Yesus melalui firman Tuhan. M yang ketiga adalah melakukan. Kemudian kita harus melakukan perintah-Nya. Kesempurnaan umat Tuhan dapat dicapai melalui ketaatannya sebagai pelaku firman Tuhan (Yohanes 14:15). Setinggi apapun ilmu yang dituntut, bahkan sekalipun sesesorang sudah memiliki banyak gelar akademik, semua itu tidak akan berguna tanpa dipraktekkan. Ilmu akan tinggal ilmu, bila tanpa praktek semua sia-sia. Demikian juga iman kita, bila tanpa perbuatan adalah mati (Yakobus 2:17).

Mengasihi, Mendengar dan Melakukan perintah Tuhan, ini adalah paket kehidupan orang percaya supaya dapat menjadi berkat di dunia ini dan mengharumkan nama Tuhan. (gel)

DOA : “Tuhan Yesus, aku mau belajar untuk dapat mengasihi-Mu, setia mendengar suara-Mu dan melakukan-Nya di sepanjang hidupku. Mampukanlah aku. Amin.”

Must Read