Karakter Allah

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. (Gal 5:22-23)

Ada sembilan aspek dari buah Roh. Sebagian orang mengatakan ada sembilan cita rasa dari satu buah Roh. Bila kita mencermati, kita mendapati kesembilan aspek buah Roh itu adalah juga sembilan karakter Allah. Sebab sejatinya Allah itu adalah kasih, Ia sumber sukacita dan damai sejahtera, Ia panjang sabar, murah hati, selalu berbuat baik, Ia setia adanya, Ia lemah lembut dan tentu saja Allah kita di dalam setiap perbuatan-Nya selalu terukur dan tidak pernah lepas kendali.

Semua manusia telah berdosa. Dosa telah merasuki hidup manusia hingga mempengaruhi keinginan-keinginan manusia. Akibatnya keinginan manusia dikuasai oleh dosa. Keinginan yang dikuasai oleh dosa atau dikenal sebagai keinginan daging pada gilirannya menghasilkan perbuatan-perbuatan daging. Galatia 5:19-21 merinci beberapa perbuatan daging yang dibenci Allah, antara lain: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, dan pesta pora. Orang yang melakukan hal-hal tersebut tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Tetapi syukur kepada Allah karena korban Yesus di kayu salib kita diselamatkan dari hukuman karena dosa melalui kelahiran baru. Menurut Injil Yohanes 1:12 oleh kelahiran baru kita yang percaya kepada-Nya menjadi anak-anak Allah. Anak mewarisi karakter orangtua, itulah sebabnya Allah juga mau kita mewarisi karakter-Nya. Cara terbaik agar dari dalam hidup kita keluar karakter-karakter Allah adalah dengan cara menghasilkan buah Roh. Supaya hidup kita menghasilkan buah Roh, kita harus hidup oleh Roh. Hidup oleh Roh adalah hidup menuruti keinginan Roh Allah. Kita dapat menuruti keinginan Roh, bila kita memberi diri dipimpin oleh Roh (Galatia 5:18). Jika hidup kita dipimpin oleh Roh, maka hidup kita akan menghasilkan buah Roh yang juga adalah karakter-karakter Allah, yaitu: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. Hanya ada dua keinginan dalam diri orang percaya, keinginan Roh dan keinginan daging. Turutilah keinginan Roh supaya kelak kita mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. (tw)

DOA :“Tuhan Yesus, aku mau taat kepada keinginan Roh, aku mau hidupku dipimpin oleh Roh. Sebagai anak-Mu aku ingin karakterku mencerminkan karakter-Mu. Amin.

Must Read