HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanYesus Menang Kita Juga Menang

Yesus Menang Kita Juga Menang

Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. (1 Kor 15:57)

Tujuan Yesus datang ke dunia ini adalah untuk mengangkat kita dari kekalahan dan memberi kemenangan menghadapi setiap gejolak hidup setiap hari. Kita yang tadinya telah mati oleh karena dosa dalam persekutuan dengan Adam, diselamatkan oleh karya penebusan Kristus. Yesus Tuhan telah bangkit dari kematian dan telah menaklukan maut. Kemenangan Kristus berdampak kepada kita. Oleh kemenangan Kristus, kita juga dibuat menang atas dosa, atas kuasa iblis, serta atas dunia dan segala daya tariknya. Meskipun demikian tidak secara otomatis tabiat lama kita hilang. Setelah percaya kepada Yesus, kita harus memberi diri untuk dibaharui oleh firman Tuhan setiap hari. Untuk itu, dari dalam diri kita juga perlu ada kerinduan untuk berubah dan membenci tabiat lama, supaya kita dapat menikmati kemenangan dari Tuhan.

Ada dua jenis gereja menurut Galatia 5, yaitu gereja yang dikuasai kedagingan (ayat 19-21) dan gereja yang dikuasai oleh Roh (ayat 22-24). Allah menghendaki kita dikuasai oleh Roh. Gereja yang dikuasai oleh Roh adalah gereja yang memberi diri dipimpin oleh Roh. Dipimpin oleh Roh artinya Roh Kudus akan menuntun gereja meninggalkan perbuatan daging yang tidak langsung hilang semua ketika percaya Yesus. Itu sebabnya sampai sekarang kita terus mengalami diproses oleh Tuhan melalui ibadah, doa dan firman Tuhan. Sebagai hasil dari dipimpin oleh Roh, Tuhan inginkan kita gereja-Nya memiliki buah Roh yang terus bertumbuh setiap hari.

Hari-hari ini kita melihat dunia dilanda pandemi covid-19. Sebagai akibatnya ada pembatasan berbagai aktivitas demi menekan penyebaran virus ini. Dampaknya ada pemutusan hubungan kerja akibat kerugian besar yang dialami berbagai perusahaaan. Ada jalan buntu yang dihadapi manusia. Hal ini memang menakutkan. Tapi bagi kita, yang lebih menakutkan adalah sifat kedagingan, yang membuat orang masih kembali melakukan dosa-dosa lama. Karena itu berilah diri kita dituntun oleh Firman dan Roh Allah. Kalau kita hidup seturut kehendak Tuhan, kita tidak perlu takut lagi menghadapi apapun, sebab Tuhan di pihak kita. Roma 8:31 katakan: “Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?” Karena Yesus telah menang, kita juga pasti menang. Puji Tuhan. (gel)

DOA : “Tuhan Yesus, kemenangan-Mu di salib menjadikan aku menang atas kedaginganku dan atas setiap persoalan hidupku. Amin.”

Must Read