Kesatuan Tubuh Kristus

Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. (I Korintus 12:12)

Rencana dan kehendak Allah bagi Gereja-Nya seringkali digambarkan dengan suatu tubuh dengan anggota-anggotanya yang banyak. Gereja Tuhan secara keseluruhan adalah sebagai tubuh Kristus dan kita masing-masing adalah anggotanya. Sebuah tubuh tidak akan utuh tanpa memiliki anggota-anggota tubuhnya, demikian juga masing-masing anggota tidak dapat menjadi sebuah tubuh jika tidak mau bersatu dan berada pada tempatnya yang tepat, sebagaimana yang dikehendaki oleh pemilik tubuh itu.

Persatuan dan kesatuan adalah prinsip ilahi yang Allah kehendaki terus menerus terjadi dalam kehidupan orang-orang percaya sebagai jemaat-Nya, yang telah ditebus dengan tubuh dan darah-Nya yang suci. Hal itu dapat kita temukan dalam keseluruhan bagian Alkitab. Persatuan menunjukkan bahwa kita bersaudara dalam Tuhan.
Dalam peristiwa penciptaan manusia pertama yang kita temukan di Kitab Kejadian, kita melihat adanya kesatuan di antara ketiga oknum Allah Elohim. (Kejadian 1:26) Demikian juga di akhir zaman ketika Yesus memberikan langit dan bumi yang baru sebagaimana yang kita temukan dalam Kitab Wahyu, kita menemukan adanya persatuan antara Tuhan dengan gereja-Nya yang sempurna tanpa cacat cela. (Wahyu 21:3). Ia akan menjadi Tuhan dan Allah mereka. Puji Tuhan.

Betapa pentingnya sebagai anak-anak Tuhan untuk hidup dalam persatuan dan kesatuan. Demikian pula dalam kehidupan berkeluarga, para Rasul menuliskan pentingnya untuk hidup dalam kesatuan sebagai sebuah keluarga yang utuh. Rasul Paulus memberitahukan bagaimana jika terjadi kasus di mana salah satu pasangan dalam keluarga ada yang belum percaya kepada Tuhan, yaitu bahwa mereka harus tetap tinggal bersama dalam sebuah kesatuan. (I Korintus 7:12-15).

Bagaimanakah dengan kehidupan keluarga pembaca saat ini? Apakah pembaca hidup dalam persatuan dan kesatuan dengan semua anggota keluarga, anggota gereja dan komunitas orang beriman lainnya? Lakukanlah prinsip dan kehendak Tuhan ini dan alamilah damai sejahtera-Nya bagi kita semua. (phm)

Doa: Tolong kami Roh Kudus untuk hidup dalam persatuan sebagai anggota tubuh Kristus yang tidak bercacat-cela. Amin.

Must Read