Ujian Watak

Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? (Lukas 16:11)

Watak ialah budi pekerti, tabiat; yaitu sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku. Beda tipis dengan karakter; yang tunjuk pada sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat atau juga watak.

 

Mamon merupakan istilah bahasa Aram, yang artinya uang atau harta milik. Bendahara yang tidak jujur dalam perumpamaan yang diberikan Yesus kepada murid-muridNya, mengetahui bahwa dia bisa minta tolong dari orang-orang yang hutang-hutangnya pada tuannya ia kurangi. Mereka akan menghargai pertolongan keuangan itu, sehingga pasti akan senang untuk membantunya. Sekalipun tuan itu tidak menyetujui tindakan bendaharanya, dia terpaksa mengakui kecerdikan sekaligus kelicikan sang bendahara. “Jikalau kamu tidak setia”; pemanfaatan kekayaan materi merupakan ujian karakter. Orang-orang yang tidak dapat mempergunakannya dengan bijaksana tidak layak dipercayai memikul tanggungjawab rohani.

Apa tanggungjawab rohani kita? Itulah menghargai, memelihara dan mempertahankan the true riches (harta yang sesungguhnya). Dan apakah harta yang sesungguhnya itu? Kekayaan yang pasti benar, yang tidak dapat diraba dan dinikmati oleh tubuh jasmani kita, yang dikumpulkan di sorga; adalah karya keselamatan Kristus. Bacalah, Matius 6:19-21 dan Kolose 3:1-4. Apakah kita dapat memahami makna yang terkandung di dalam ayat-ayat Alkitab tersebut, untuk tidak menilai harta kekayaan sebagai material thing. Bila pandangan kita terhadap konsep kekayaan demikian, maka kita menjadi ‘buta’, dan pasti tidak pernah mengenal nilai keselamatan itu.

Sifat batin yang mempengaruhi pikiran dan tingkah laku dicontohkan Rasul Paulus yang dalam pernyataan tegasnya menunjukkan, bahwa ia tidak memperhatikan apa yang kelihatan tetapi yang tidak kelihatan. (II Korintus 4:16-18). Maksud pernyataan ini jelas, bahwa ia tidak terpaku dan tergoda oleh harta dunia yang kelihatan. Watak dan karakter Kristiani yang baik -yang menjunjung tinggi nilai keselamatan lebih daripada kekayaan materi- patut ditumbuh-kembangkan dalam hati sanubari kita. (nvdk)

Doa: Tuhan Yesus, mampukanlah aku untuk mengerjakan keselamatanku setiap hari dalam takut akan Engkau. Amin.

Must Read