Berputar

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-raja 12-13; 2 Tawarikh 24

Tetapi Allah menuntun bangsa itu berputar melalui jalan di padang gurun menuju ke Laut Teberau. Dengan siap sedia berperang berjalanlah orang Israel dari tanah Mesir. (Keluaran 13:18)

Salah seorang teman dekat saya senang eksplore jalanan di mana saja. Bukan hanya di perkotaan tempatnya tinggal. Bahkan di pedesaan yang belum pernah ia kunjungi pun, hobbynya berputar-putar menyusuri berbagai sudut kota dan desa tak pernah bisa dibendung. Tapi dia baik sekali. Dengan senang hati ia akan mengantarkan kita ke mana saja, jika diminta. Tapi tentu saja kita harus rela diajak berputar-putar dulu sebelum sampai di tempat yang dituju. Menyenangkan memang, karena orangnya senang juga bercanda dan “care” sekali. Tapi kalau sedang dikejar waktu, hobbynya itu tidak jarang membuat kita menjadi kesal kepadanya.

Bangsa Israel juga diajak berputar oleh Tuhan Allah sebelum akhirnya mereka sampai di tanah perjanjian. Tak tanggung-tanggung, mereka diajak berputar-putar hingga 40 tahun lamanya. Namun menariknya, justru di masa-masa berputar-putar itulah Allah menunjukkan kuasa dan cinta-Nya yang besar pada umat pilhan-Nya. Bayangkan, pakaian mereka tidak menjadi rusak selama 40 tahun! Demikian pula dengan kasut, sepatu atau alas kaki yang mereka gunakan sejak keluar dari Mesir. Semuanya tidak menjadi rusak (Ulangan 29:5). Mustahil, kalau bukan Tuhan yang melakukan keajaiban! Dalam kasih-Nya, Allah melakukan keajaiban. Dia benar-benar Tuhan yang tidak pernah meninggalkan perbuatan tangan-Nya (Mazmur 138:8). Haleluya! Percayakah Anda?

Hari-hari ini, kehidupan di dalam dunia ini seperti di-restart. diulang kembali. Sebagian orang hanya membeli apa yang amat dibutuhkan saja, seperti makanan pokok. Keinginan lifestyle seperti travelling, kopi dan kue-kue mahal, serta berbagai hal yang tidak terlalu mendasar seolah tinggal kenangan. Manusia diajak untuk berputar-putar mencari kesembuhan, pekerjaan yang tiba-tiba hilang dan berbagai info keamanan. Sebagian orang mulai menjerit kehilangan arah hidup. Marilah kita teguhkan kembali keyakinan kita, bahwa Allah yang kita sembah tetap bekerja di segala bentuk perputaran kehidupan ini. Dia pasti akan menunjukkan kuasa dan kasih-Nya, di tengah kebingungan kita sekalipun (Mazmur 31:23). Keajaiban-Nya pasti akan kita temukan. Percayalah! (em)

DOA : “Bapa, perjalanan Israel saat berputar di padang gurun selama 40 tahun dalam penyertaan-Mu, aku yakin, semua jalan
berputar di hidupku ini akan terlewati dengan aman. Amin.”

Must Read