HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanMengampuni dan Diampuni

Mengampuni dan Diampuni

…, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. (Rm 12:19)

Mengampuni adalah salah satu harga mahal dan teramat berat yang kerap harus kita bayar, sebagai tanda ketaatan kita pada perintah Tuhan. Dunia penuh dengan ketidak-adilan. Jika hal buruk menimpa, jika orang terdekat berkhianat dan menyakiti hati kita misalnya, bagaimana respon kita? Mengampuni? Atau menyimpan kepahitan seumur hidup?

Setiap orang butuh pengampunan. Dua ribu tahun lalu Yesus rela mati di salib untuk mengampuni segala dosa dan kejahatan kita. Dia lalu menugaskan murid-murid untuk membawa berita pengampunan kepada segala bangsa. Tetapi bagaimana bisa menyampaikan kabar pengampunan, jika kita sendiri tidak mau mengampuni? Dalam Doa Bapa Kami, Tuhan mengajarkan kita untuk terlebih dulu memberi pengampunan. Jika tidak, maka Bapa yang di sorga pun takkan mengampuni kita (Matius 6:14-15).

Tahukah saudara, saat memberi pengampunan berarti kita membebaskan diri sendiri dari beban berat yang membuat jiwa kita tertunduk? Memberi pengampunan juga berarti menyerahkan Allah untuk bertindak, dan menuntut pembalasan. “Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan.” Demikian firman Tuhan. Sakit hati, kekesalan, kepahitan akan berubah menjadi sukacita. Hal-hal negatif akan berubah menjadi positif.

Sebaliknya, tidak mengampuni hanya membuahkan kebencian, kepahitan, sakit hati, dendam, dan segala perasaan negatif lain, yang berujung pada rusaknya hubungan kita dengan Allah. Sebagaimana Tuhan mempunyai rencana dalam hidup kita, yaitu rancangan keselamatan dan damai sejahtera untuk memberi hari depan yang penuh harapan, demikian pula iblis. Ia pun mempunyai rencana bagi setiap kita, yaitu menebar kepahitan dalam hati supaya kita tak dapat melayani Tuhan.

Tuhan menghendaki setiap kita untuk mengampuni. Mari belajar mengampuni, dan terima pengampunan dari Tuhan. Sejauh timur dari barat, sedemikian jauh Dia membuang segala dosa dan kesalahan kita. Dan Dia takkan mengingat-ingatnya lagi. (ars)

DOA: “Tuhan Yesus, karena aku telah menerima pengampunan dari-Mu, maka aku pun mau belajar mengampuni mereka yang bersalah kepadaku. Amin.”

Previous article
Next article

Must Read