HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanKenaikan Tuhan Yesus Kristus

Kenaikan Tuhan Yesus Kristus

Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. (Kis 1:9)

Saat memperingati kematian Yesus Kristus, Tuhan mengingatkan bahwa kehidupan setiap manusia menuju titik kematian. Dalam peringatan kebangkitan Yesus Kristus, kita juga diingatkan bahwa dalam Tuhan ada pengharapan untuk kehidupan saat ini dan yang akan datang. Kemudian selama 40 hari, Tuhan menampakkan diri kepada banyak orang untuk meneguhkan iman mereka, sampai pada akhirnya Ia naik ke sorga. Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga disaksikan oleh banyak orang pada saat itu. Bagi kita kenaikan Tuhan Yesus memberikan tiga hal sederhana untuk kita ingat dan terus renungkan dalam kehidupan ini.

Pertama, Yesus akan datang segera (Kisah Para Rasul 1:9-11). Kenaikan-Nya ke sorga memberikan informasi kepada kita bahwa Dia akan datang segera menjemput kita untuk pergi ke tempat yang telah disediakan-Nya. Tuhan sudah naik ke sorga, tapi satu kali kelak dan dalam waktu yang tidak lama lagi, Dia akan segera datang kembali. Tanda-tanda kedatangan-Nya sudah begitu banyak terjadi hari-hari ini. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Kedua, Roh Kudus diutus ke dalam dunia ini (Yohanes 16:7-15). Sebelum Tuhan naik ke Sorga, Dia sudah mengingatkan bahwa Dia akan naik ke sorga, tapi Dia tidak akan membiarkan murid-murid-Nya sendirian. Tuhan akan memberikan satu pribadi Penolong yang lain, yaitu Roh Kudus. Demikian juga kepada kita saat ini, Roh Kudus memberikan bimbingan dan pertolongan bahkan membawa kita ke dalam kesempurnaan. Ketiga, mempersiapkan tempat bagi kita (Yohanes 14:1-3). Sebelum Tuhan Yesus Kristus naik ke sorga, Ia menjelaskan tentang suatu tempat yang akan disediakan bagi mereka yang percaya kepada-Nya. Suatu tempat yang berbeda dengan yang ada di dalam dunia ini, sebab tempat itu penuh dengan sukacita dan kemuliaan-Nya.

Marilah peringatan kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke sorga ini menjadi moment untuk kita terus bergiat dalam Dia, setia dan tetap taat kepada segala perintah-Nya. Sehingga kelak kita didapati-Nya sebagai hamba yang setia dan layak di
hadapan-Nya. Selamat hari kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga. (aa)

DOA: “Tuhan Yesus, aku menanti dalam ketaatan untuk Engkau datang kembali menjemputku pergi ke Sorga-Mu yang mulia. Amin.”

Previous article
Next article

Must Read