HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanGereja Masa Kini, Perkumpulan atau Persekutuan?

Gereja Masa Kini, Perkumpulan atau Persekutuan?

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. Roma 12:10
 
Di dunia ini banyak terdapat perkumpulan yang dibuat oleh manusia. Ada kumpulan arisan RT, kumpulan keluarga, klub pecinta bola, kumpulan profesi dsb. Semua didasari oleh satu tujuan, yaitu ingin menjalin sebuah hubungan yang lebih mendalam. Tentu dengan harapan, satu sama lain bisa saling menguntungkan.

Ketika YESUS datang ke dalam dunia, IA juga mengumpulkan 12 orang dari berbagai kalangan, mulai dari nelayan, pemungut cukai sampai tabib – untuk menjadi murid-muridNYA. Tetapi kumpulan ini tidak dibuat di atas dasar “kesamaan hobi, profesi atau kesamaan latar belakang budaya.” Tapi IA meletakkan KASIH ILAHI untuk mendasari “kumpulan” ini. Itu sebabnya orang Kristen menggunakan kata PERSEKUTUAN ketimbang PERKUMPULAN.

Sebuah perkumpulan bisa saja berkumpul tanpa hati yang saling mengasihi dan peduli, yang penting dari kumpulan itu setiap anggotanya merasa diuntungkan. Berbeda dengan Persekutuan, setiap anggota dituntut untuk saling menghargai, mendahului dalam memberi hormat yang didasari oleh kasih Kristus.

Seandainya TUHAN YESUS datang hari ini, kira-kira apakah yang akan IA temui dalam GerejaNya, sebuah perkumpulan atau persekutuan? Masing-masing pribadi kitalah yang menjadi penentunya.(dna)

Doa: Kami adalah gereja-Mu, kami bersekutu untuk memuliakan Engkau. Amin.

Must Read