HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanBuatlah Sorga Bersukacita

Buatlah Sorga Bersukacita

Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan. (Lukas 15:7)

Pernahkah Saudara membuat sorga bersukacita? Pertanyaan ini nampaknya merupakan sesuatu hal yang janggal dan tidak mungkin dapat kita lakukan. Barangkali kita mulai memikirkan acara apa saja yang dapat kita lakukan untuk membuat sorga meriah dan seluruh isi sorga turut bersukacita? Barangkali kita teringat dengan berbagai macam acara Natal yang kita telah adakan di tahun lalu.

Dalam ayat di atas, Yesus memberitahukan kepada kita bagaimana kita dapat membuat sorga bersukacita, yaitu bilamana ada satu orang berdosa yang bertobat. Bahkan sukacita di sorga itu lebih meriah daripada adanya sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan. Luar biasa bukan? Ini adalah sebuah berita dan rahasia yang besar bagi gereja Tuhan di akhir zaman ini.

Banyak gereja yang telah membuat berbagai macam program acara yang hebat dan gembira bagi seluruh anggota jemaatnya. Bahkan seringkali biaya yang sangat besar telah dikeluarkan untuk membuat acara-acara tersebut. Tetapi semua acara dan program tersebut tidak berhasil menggoncangkan isi sorga, kenyataannya hanya mengosongkan isi dompet jemaat dan kas gereja saja.

Mari kita merenungkan dan mengevaluasi kembali seluruh aktivitas dan program pelayanan gereja kita masing-masing. Apakah semuanya itu menghasilkan pertobatan satu orang berdosa yang telah menggoncangkan seluruh isi sorga? Ataukah semua itu hanya merupakan acara pertunjukkan dan hiburan yang menyenangkan ke sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.

Renungan hari ini membawa kita lebih terfokus kepada aktivitas penginjilan yang kita lakukan. Berapa besarkah persentasi dari segala daya dan upaya kita untuk keselamatan orang berdosa, dibandingkan dengan pelayanan untuk anggota jemaat lainnya? Apakah kita telah memberikan perhatian yang lebih besar untuk membuat isi sorga bersuka cita atau hanya untuk menyukakan hati gembala dan jemaat lainnya saja? Kiranya Tuhan Yesus menolong kita semua. (phm)

Doa: Tuhan ampunilah kami jika salah menetapkan prioritas gereja dan pelayanan kami selama ini. Tolong kami melakukan yang terbaik. Amin.

Must Read