Perhatikan Urutannya

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 10-13

… “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. (Kisah Para Rasul 2:38)

Beberapa orang berpikir mereka dapat menerima baptisan Roh Kudus meskipun belum bertobat. Mereka mengikuti doa-doa sepuluh malam yang diadakan gereja untuk menerima bahasa doa yang terucap oleh tuntunan Roh seperti kepada orang-orang yang telah dibaptis oleh Roh Kudus. Mereka mau, mereka ingin, mereka meminta kepada Tuhan tetapi akhirnya mereka kecewa. Tidak ada jalan pintas untuk dipenuhkan oleh Roh Kudus selain terlebih dahulu bertobat dan dibaptis dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Apa yang dimaksud oleh nats hari ini sebagai ‘karunia Roh Kudus’ adalah soal menerima baptisan Roh Kudus.

Bertobat bukanlah sekedar menyesal dan tahu bahwa kita telah melakukan dosa. Setelah melihat Yesus mati di salib, Yudas Iskariot menyesal dan tahu ia telah berdosa tetapi ia tidak bertobat. Buktinya Yudas kemudian gantung diri (Matius 27:3-5), Bukan pula sekedar keinginan atau tekad untuk meninggalkan semua perbuatan kita yang jahat. Sebab keinginan atau tekad semata tidak akan mampu membuat kita berubah. Kita dapat berubah bila Tuhan bekerja dalam kita. Bertobat harus berujung kepada keselamatan yaitu dengan menerima pengampunan dosa dari Tuhan dan mengakui Yesus Kristus
adalah Tuhan dan Juruselamat hidup ini (1 Yohanes 1:9; Roma 10:9, 10).

Sebaiknya setelah bertobat kita dibaptiskan ke dalam air di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Baptisan air penting, karena baptisan adalah perintah Tuhan Yesus. Tentang baptisan air Roma 6:3-4 katakan: “Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.” Bertobat lalu dibaptiskan ke dalam air di dalam nama Tuhan Yesus Kristus menjadikan kita hidup dalam hidup yang baru atau disebut pula sebagai lahir baru. Hanya orang yang telah lahir baru yang dapat menerima baptisan Roh Kudus. Bila kita ingin menerima baptisan Roh Kudus atau dipenuhkan oleh Roh Kudus maka kita harus terlebih dahulu lahir baru. (tw)

DOA : “Tuhan Yesus, penuhkanlah aku dengan Roh-Mu sebab aku telah lahir baru. Amin.”

Must Read