HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanJangan Terpikat oleh Godaan Iblis

Jangan Terpikat oleh Godaan Iblis

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 23-25

Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. (Yakobus 1:15)

Dalam kehidupan manusia, ada keinginan yang baik dan ada keinginan yang jahat. Apabila keinginan jahat dituruti, maka akan menghasilkan dosa. Dan apabila dosa itu sudah matang, dosa akan menghasilkan maut (Yakobus 1:15). Simson tertarik menikahi Delila karena kecantikannya, padahal Delila bukanlah seorang Israel. Sebelumnya Simson pernah juga menikahi seorang wanita Filistin karena ia menuruti keinginan dagingnya. Walaupun kedua orang-tuanya telah melarang agar ia tidak menikahi wanita itu, namun Simson telah terpikat dan menuruti keinginan dagingnya. Setelah ia menceritakan rahasia kekuatannya kepada Delila, maka Delila memberitahukannya kepada tentara Filistin, sehingga Simson dapat dikalahkan. Simson kalah karena Roh Allah telah undur darinya. Setelah itu keadaan Simson menjadi sangat menyedihkan dan akhirnya harus mati. Hal ini terjadi karena ia lebih menuruti hawa nafsu dagingnya dari pada firman Tuhan.

Untuk menghindari jatuh ke dalam dosa, kita harus menyimpan perintah Tuhan dalam hati dan berpegang teguh kepada-Nya. Orang yang memiliki firman Tuhan di dalam hatinya serta melakukannya, hidupnya akan terlindungi dari tipu muslihat iblis. Mereka yang tertarik dan mengikuti tipu muslihat iblis, bagaikan orang bodoh yang tidak sadar bahwa hidupnya sedang terancam oleh maut. Bila mereka tidak cepat sadar dan kembali kepada Tuhan, maka mereka pasti binasa. Oleh karena itu, jangan biarkan hati kita berbelok atau menyimpang dari jalan-jalan Tuhan. Ketahuilah, iblis seringkali menggunakan cara dengan godaan duniawi untuk memikat anak-anak Tuhan agar berbelok dari jalan-Nya. Janganlah kita tertarik kepada kemolekan dan kenikmatan duniawi yang menyesatkan itu.

Ketika kita menang dalam suatu pencobaan, jangan jadi lengah dan membiarkan penjagaan kita menjadi kendor. Kita harus tetap berjaga-jaga karena iblis selalu akan mencari waktu yang tepat untuk mencobai kita kembali. Kita telah diangkat menjadi anak-anak-Nya sehingga kita harus menjaga karakter kita untuk terus menerus menjadi serupa dengan Allah dan tidak berbuat dosa lagi. (wb)

DOA : “Tuhan Yesus, tolonglah aku untuk terhindar dari godaan duniawi. Sebab betapa liciknya tipu muslihat iblis. Amin.”

Previous article
Next article

Must Read