Kau Tak Sendiri

”Dan Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:20b)

Janji Allah untuk menyertai umat-Nya adalah jaminan dan berkat yang luar biasa. Namun dalam kehidupan setiap orang percaya, ada saat-saat dimana kita merasakan seolah-olah Tuhan tidak ada bersama kita.

 

Setahun yang lalu saya tenggelam dalam kekhawatiran dan depresi yang tidak menentu. Setelah bertahun-tahun mengalami kemantapan rohani tiba-tiba hidup saya langsung dipenuhi oleh pikiran gelap. Bagaikan sebuah rollercoaster, yang naik perlahan-lahan dan turun dengan tiba-tiba. Saya bergumul melawan keputusasaan dengan kebenaran firman Tuhan. Akankah saya tinggal dalam keputusasaan atau haruskah saya tetap mempercayai janji-janji-Nya? Dalam doa saya merasakan kehadiran Tuhan serta berkata :
Aku tak akan meninggalkanmu!
Kau tak sendiri…Ku kan slalu sertai.
Kau tak sendiri…Ku kan slalu temani.

Kata-kata itu menyatakan satu kebenaran Alkitab yang paling umum, suatu kebenaran yang selama ini saya anggap biasa. Tetapi kebenaran itu berbicara dengan tegas kepada saya ketika itu! Memberi penghiburan, kelepasan, dan pengharapan yang sulit saya bayangkan. Saya benar-benar merasakan kehadiran Tuhan dengan cara yang baru dan menguatkan. seperti yang tertulis dalam Mazmur 145:18 ’TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya’. 

Saudara, sebagai anak-anak Allah, kita mungkin berpikir bahwa sudah seharusnya kita luput dari berbagai pergumulan. Tetapi sesungguhnya tidak. Jika anda merasa seolah-olah Allah meninggalkan anda, jika anda dalam kesedihan, jika anda merasa kesepian dan takut, jika anda dalam kekecewaan, jika anda dalam kesulitan, renungkanlah kebenaran kata-kata indah ini: ”AKU tak akan meninggalkanmu…Kau tak sendiri, AKU akan selalu menyertai”.  Sekalipun banyak pergumulan, bagaimanapun kita telah dimampukan untuk melewatinya sampai saat ini. Bukankah hal ini menunjukkan bahwa Tuhan sudah membuktikan janji-Nya. ”Kita tidak sendiri, Dia selalu menyertai”. Haleluyah..!

Doa: Bapa yang baik, aku sungguh-sungguh bersyukur atas pemeliharaan dan penyertaan-Mu. Mampukan aku untuk selalu dapat menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Amin.