Bertumbuh Dalam Kasih

Dan inilah doaku,semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala  macam pengertian. (Filipi 1: 9)

Bila kita bicara tentang pertumbuhan, maka yang mutlak tidak boleh ketinggalan adalah bertumbuh dalam kasih. Kasih merupakan bagian dari karakter yang harus dimiliki oleh setiap orang kristen. Kita dapat bertumbuh dalam segala hal, tetapi kalau kasih tidak bertumbuh, maka hal ini sama saja dengan tidak bertumbuh sama sekali.

Yohanes menyaksikan tentang Yesus dengan berkata, ”Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-muridNYA,demikianlah sekarang IA mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.” (Yohanes 13:1). Kasih adalah yang termulia yang Yesus lakukan selama hidup-Nya. Kasih pula yang termulia yang Ia persembahkan melalui kematian-Nya.

Tidak ada yang lebih luhur, baik dalam hidup maupun dalam mati, bagi DIA maupun kita, dari pada kasih. Karena itu, benar sekali nasihat Paulus,”Kejarlah kasih itu.” (I Korintus 14:1). Sebab itu mari milikilah karakter kasih ini, telitilah kalau-kalau disitu anda dapati wilayah-wilayah yang gersang kasih, sehingga tidak bertumbuh dengan baik. Mungkin akibat iri hati atau dengki terhadap sesama. Mungkin ada luka hati yang masih terasa karena kata-kata anda. Ini semua penghalang bertumbuhnya kasih itu.

Bila ada, segera bereskan masalahnya! Lalu belajar selalu dari kesalahan anda. Lebih berhati-hati dalam bertindak dan berbicara. Percayalah ketika karakter kasih itu yang mendominasi hidup kita, maka akan menjadikan kita makin bertumbuh dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian. Tuhan Yesus Memberkat. (ymk)

Doa: Ya, Tuhan ajarilah aku berjalan dalam kasih-Mu melebihi dari apa yang dapat aku perbuat. Amin.
 

Must Read