Tentang Integritas

Barang siapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah seorang yang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya. (Yakobus 3:2)

Apakah yang dimaksud dengan integritas? Integritas adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang Anda katakan.  Integritas lebih dari sekedar komitmen. Integritas membuat Anda dapat dipercaya. Integritas membuat orang lain mengandalkan Anda.  Integritas adalah penepatan terhadap janji-janji Anda. 

Satu hal yang membuat sebagian besar orang enggan mengikuti Anda adalah bila mereka tidak sepenuhnya merasa yakin bahwa Anda akan membawa mereka menuju ke tujuan yang Anda janjikan. Mereka meragukan integritas Anda, apalagi jika ada pengalaman sebelumnya.

Demikian juga Firman Tuhan mengajarkan kita dalam hal berjanji di hadapan Tuhan. Banyak orang yang pada waktu memiliki banyak masalah atau penderitaan mudah untuk mengucapkan janji di hadapan Tuhan. (Pkh. 5:2) Tetapi setelah ditolong oleh Tuhan, maka ia melupakan janjinya kepada Tuhan. Begitulah salah satu kelemahan manusiawi kita yang berdosa dan belum sempurna.

Janji-janji yang pernah kita ucapkan adalah bagaikan hutang yang harus kita bayar, baik kepada sesama manusia apalagi kepada Tuhan. Tuhan mengetahui apa yang telah kita ucapkan atau perjanjikan dengan mulut kita, karena Roh KudusNya tinggal di dalam hati kita. Ia adalah pendengar yang baik terhadap setiap ucapan dan janji kita.
Bagaimana dengan perkataan dan perbuatan kita dalam hidup sehari-hari? Apakah orang lain dapat melihat bahwa apa yang kita lakukan sesuai dengan apa yang kita ucapkan? Apakah kita memiliki integritas dalam hidup kita? Misalnya dalam hal pernikahan dengan pasangan hidup kita, dalam hubungan pekerjaan dengan majikan kita, atau dalam janji dan kerinduan  kita untuk melayani Tuhan.

Jika kita tidak memiliki integritas dalam relasi dengan sesama, apalagi dalam relasi dengan Tuhan yang tidak kelihatan. Milikilah integritas sejati, walaupun tidak ada yang mengawasi. Karena kita tahu ada sepasang telinga di sorga yang dengan setia mendengarkan semua janji-janji kita. Di sana juga ada sepasang mata yang selalu mengamati kehidupan dan perbuatan kita. (phm)

Doa: Ampuni aku Tuhan kalau selama ini aku tidak memiliki integritas dalam hidupku. Tolongku untuk senantiasa menepati janjiku kepadaMu dan kepada sesamaku. Amin.

Must Read